Algoritma dan pemrograman
Bab 7
Fifi fauziah ahmad 7F absen 13
Algoritma dan pemrograman
Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas
tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk
membeli tiket bioskop secara langsung. Langkahnya, yaitu: kalian perlu
menuju bioskop, memilih ilm yang ingin ditonton dan jadwalnya, lalu antre
di loket tiket, lalu memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya,
membayar total tiket, dan tiket diterima dari pegawai. Algoritma dibuat
untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer.
Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan
urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman yang
mengatur jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi
dengan cara yang baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah
lainnya
Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak
komputer, aplikasi, dan situs web. Saat ini, komputer tidak dapat berpikir
sendiri. Komputer hanya menjalankan perintah yang diberikan kepadanya
atau yang sudah tersimpan dan siap dijalankan. Komputer meminta pengguna
untuk memberi serangkaian instruksi yang diperintahkan untuk mengetahui
apa yang harus dilakukan. Perintah yang dipahami oleh komputer disebut
sebagai 'kode'. Pemrograman adalah elemen inti dari kurikulum Informatika
karena membantu kalian untuk mengembangkan keterampilan penting
seperti penyelesaian masalah, logika, dan berpikir kritis.
A. Pemrograman
1. Mengapa perlu belajar Programming
Belajar programming (di dalamnya mencakup coding) diperlukan bukan hanya
untuk menjadi programmer (penulis program profesional). Programming
diperlukan dalam bidang apa pun
1. Informatika membangun keterampilan yang berguna untuk belajar bidangbidang lainnya termasuk matematika, sains, penyelesaian persoalan,
bekerja dalam tim, pembelajaran berbasis proyek, seni kreatif, dan banyak
lagi.
2. Belajar pemrograman sama bergunanya seperti belajar bahasa asing.
Makin awal kalian memulai belajar suatu bahasa asing (bahkan jika
kalian dilahirkan di suatu negeri asing), makin mudah untuk mempelajari
dan menguasai bahasa asing tersebut
3. Zaman sekarang, dan di masa mendatang, diprediksi akan banyak sekali
lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming di seluruh
dunia.
4. Pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang lain yang membutuhkan
kemampuan programming selalu meningkat.
5. Informatika adalah ilmu yang terpakai di semua bidang karena semua
bidang akan membutuhkan komputer
6. Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa batas
2. Scratch
Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts
Institute of Technology. Dengan Scratch, kalian dapat mengembangkan
sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif
sesuai kehidupan sehari-hari. Program sederhana ini dibuat dari susunan
blok-blok yang menghasilkan tampilan visual sesuai blok tadi. Hasil karya
Scratch juga dapat dibagikan dalam komunitas online. Kalian dapat mengasah
kemampuan berpikir kreatif, mampu memberikan alasan secara sistematis,
dan berkolaborasi yang merupakan kemampuan penting dalam hidup
bermasyarakat saat ini
3. Membuat Akun
Untuk menggunakan Scratch, kalian dapat memilih untuk memiliki akun atau
tidak. Kelebihan memiliki akun ialah dapat menyimpan semua hasil proyek
Scratch.
Berikut adalah langkah langkah membuat akun:
1.Pilih Join Scratch di bagian
kanan atas menu, lalu
daftarkan akun yang dimiliki
dan ikuti sesuai langkah.
2. Username dan password yang
digunakan perlu diingat dan
dicatat jika perlu.
Gunakan selalu akun yang
sama untuk akses Scratch
sehingga tersimpan semua hasil
kerja kalian.
4. Apabila sudah memiliki akun,
kalian bisa langsung masuk/
login menggunakan akun yang
sesuai dengan memilih menu
Sign in di bagian atas kanan
menu.
5.Setelah berhasil login, akan
muncul halaman home
4. Mengenal “Universe” Scratch
1. Menu A: Kumpulan kategori kode yang dapat dilakukan oleh objek.
2. Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari
kategori di menu A. Blok kode tinggal di-drag & drop ke bagian menu C untuk
menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian menu D. Contoh di sini
apabila yang aktif adalah sprite (Menu G).
Menu B dapat berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F).
3. Menu C: Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek.
4. Menu D: Stage Grid untuk review hasil implementasi blok kode pada objek.
5. Menu E: Di bagian ini, kalian dapat meng-customize bentuk dan suara dari
objek/backdrops sesuai kreativitas sendiri.
6. Menu F: kalian dapat mengatur backdrops yang akan digunakan. Hasilnya
akan diperlihatkan di menu D.
7. Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada project. Blok kode yang
ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap sprite yang ada.
8. Menu H: Nama proyek yang dibuat.
5. cara menambahkan background
1.Apabila ingin menggunakan
dari awal, pilih backdrop dari
menu stage.
2.Jika ingin menggunakan
backdrop lainnya, dapat
membuka tab Backdrops dan
memilih backdrop apa yang
ingin ditampilkan sejak awal.
3.Apabila ingin memanfaatkan
event terlebih dahulu,
tambahkan kode berikut.
Kode backdrop berada
6. fungsi fungsi fitur pada strach
1.Biru: Mengatur
pergerakan
2. Ungu: Mengatur
tampilan
3.Kuning: Mengatur
event
4. Hijau: Mengatur
sense
5. Orange: Mengatur
kontrol
sekian rangkuman dari saya, Jika ada yang kurang bisa langsung nonton disini yah
terimakasih
tambahkan foto ke blog
BalasHapus